Jumat, 25 Maret 2011

Analisis SWOT terhadap Pemasaran Strategis

SWOT merupakan penganalisaan lingkungan Intern dan Ekstern perusahaan dalam menghadapi persaingan di pasar. saya akan mengutip kata-kata dari http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/analisis-swot-sebagai-analisis-dan.html dimana SWOT Terdiri dari :
a. Strength / Kekuatan (S), adalah kemampuan internal yang menonjol dari sebuah perusahaan secara relatif dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Strength merupakan suatu kompetensi yang ada dalam perusahaan yang dijadikan sebagai perbandingan dengan competitor.
b. Weakness / Kelemahan (W), merupakan sifat-sifat dari suatu perusahaan yang cenderung mengurangi niali-nilai kompeten dan perbandingan dengan pesaing-pesaingnya.
c. Opportunities / Peluang (O), merupakan peluang-peluang yang ada dalam diri perusahaan atau peluang-peluang yang dimiliki oleh perusahaan / perusahaan.
d. Threats / Ancaman (T), merupakan kejadian-kejadian yang sangat mungkin terjadi yang dapat mengakibatkan kerugian tertentu bagi perusahaan.


terdapat 4 posisi yang akan dihadapi perusahaan yaitu 
  1. Strength - Opportunities : dimana perusahaan memiliki kekuatan internal yang dapat membuat perusahaan semakin kuat, dan peluang yang ada sangat besar sehingga perusahaan berada diposisi atas.ini dapat digambarkan perusahaan berada di puncak atau sebagai market leader sehingga perusahaan berada di posisi paling maksimal.
  2. Strength - Threats : dimana perusahaan dihadapkan pada Ancaman yang banyak namun perusahaan masih memiliki kekuatan untuk menghadapi ancaman tersebut. Dengan kekuatan yang ada maka perusahaan melakukan peningkatan kekuatan sehingga perusahaan dapat menghadapi ancaman-ancaman yang ada
  3. Weakness - Opportunities : dimana perusahaan dihadapkan pada peluang pasar yang tinggi tetapi di lain pihak perusahaan menghadapi kendala internal yaitu kelemahan dalam perusahaan. Fokus strategi pada perusahaan ini adalah berusaha meminimalkan masalah-masalah internal dalam perusahaan sehingga manajemen dapat meraih berbagai peluang yang ada.
  4. Weakness - Opportunities : dimana perusahaan dihadapkan pada ancaman yang tinggi dan terdapat kelemahan. Ini sangat sulit untuk bangkit, bahkan pada posisi ini rata-rata perusahaan mengalami kebangkrutan
Dengan mengengetahui dan menganalisis SWOT perusahaan akan mudah menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Pemasaran akan berfokus pada marketing mix. Marketing mix terdiri dari Price, Place, Product, Promotion. Tentunya dengan analisis SWOT kita dapat melihat Posisi kita di dalam pasar. Kita dapat melakukan perubahan strategi yang terdahulu untuk menjadi yang lebih baik.

Sebagai contoh: pada perusahaan telah membuat barang yang  berkualitas, penempatan pun sangat strategis, dan promosi yang dilakukan perusahaan sangat gencar. Namun harga yang ditawarkan terlalu mahal dan tidak seimbang dengan kualitas yang diharapkan. Setelah dilakukan analisis SWOT maka telah diketahui bahwa Place, Product, and Promotion telah membuka peluang yang sangat besar bagi perusahaan untuk bersaing di pasar. Tetapi dengan harga yang sangat mahal dan tidak sesuai ini menjadikan kelemahan perusahaan. Maka setelah dilakukan analisis SWOT tersebut perusahaan akan merubah harga sesuai dengan kualitas yang dihasilkan. nb: masalah ini hanya sebagai gambaran, praktek dilapangan mungkin akan lebih rumit dari pada gambaran dari masalah diatas.

maaf kalau kurang ini karena literatur yang saya miliki sangat terbatas. tapi saya akan coba artikel ini secepat mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar